• (0733) 451365
  • admin@arrisalahlubuklinggau.com
  • Opening: 09:00am - 15:00pm

Whatsapp Us+62 812-7875-8019

Email Uscs.arrisalahlubuklinggau@gmail.com

Our LocationLubuklinggau, South Sumatra

Ilmu Akhirat dan Ilmu Dunia, Mana yang Lebih Penting?

 

Assalamualaikum ustadz
Ijin bertanya ๐Ÿ™
Ustadz lebih utama yg mana,ilmu dunia atau akhirat?
Kalau ilmu akhirat, apakah kami para pemuda harus masuk ke pesantren,lantas bagaimana kami yg mempunyai masalah di faktor biaya,setau saya,masuk ke pesantren itu MAHAL….

Dari : KK

Jawaban

Waalaikumsalam Wr. Wb.
Terimakasih Atas pertanyaannya Yang Yang Sangat Bagus Dan Menarik.

Sejatinya Semua Ilmu Datangnya Dari Allah baik Terkait urusan Dunia Maupun akhirat karena Dunia dan Akhirat Semua dalam Kuasa Allah. Imam Syafi’iy Berkata :
ู…ู† ุฃุฑุงุฏ ุงู„ุฏู†ูŠุง ูุนู„ูŠู‡ ุจุงู„ุนู„ู… ูˆู…ู† ุฃุฑุงุฏ ุงู„ุขุฎุฑุฉ ูุนู„ูŠู‡ ุจุงู„ุนู„ู… ูˆู…ู† ุฃุฑุงุฏ ู‡ู…ุง ูุนู„ูŠู‡ ุจุงู„ุนู„ู….
Siapa yang ingin dunia maka dengan ilmu siapa yang ingin akhirat maka dengan ilmu siapa yang ingin akhirat Maka dengan ilmu.

Jadi dunia dan akherat harus dengan ilmu. Hanya saja dalam urusan Menuntut ilmu tentu ada tingkatan Yang Harus lebih dulu dimulai :
1. Fardhu ain : dari sisi ibadah ini terkait dengan sah Atau tidak Ibadah kita dari sisi muamalah ini terkait halal atau haram dll.. Yaitu semua Ilmu yang akan dilakukan secara individu maka seseorang wajib mempelajari jangan sampai salah dan keliru sehingga membahayakan dirinya dan orang lain.

2. Fardhu kifayah Yaitu terkait dengan urusan Yang Jika Satu dari sekian Melakukannya Sudah Cukup. Seperti Pelaksanaan hak-hak mayat maka jika ada satu sudah Cukup. Seperti Jika Ada satu Saja Yang Mengerti Kesehatan Maka sudah Cukup. Tetapi jika ada juga yang Mau Ikut andil maka dia Wajib belajar.

Lebih Dari Katagori Fardhu ain dan Fardhu kifayah Maka Hukumnya Sunnah mubah….
Dan Dalam Islam Ada Juga ilmu Yang bernilai Haram untuk Dipelajari seperti Belajar cara menyihir, ilmu membunuh jika dipelajari untuk melakukannya.

Jadi mana Yang Afdhol Maka dilihat dari Hukumnya, Tetapi Jika Da Harus Memilih Antara Dua Ilmu Maka Utamakan Ilmu Akhirat dan Pesantren Hanyalah Sarana…

Jika dirasakan Ada Sarana Selain Pesantren Untuk Mendapatkan Ilmu maka Tidak Masalah Dia Belajar di sarana Yang Lain. Tapi Jika dirasakan Hanya Pesantren Yang Bisa Jadi sarana Maka dapat dihukumi wajib.

Qoidah Berkata :
ุงู„ูˆุณุงุฆู„ ุจุญูƒู… ุงู„ู…ู‚ุงุตุฏ
Hukum saran Tergantung Tujuan Yang Ingin dicapainya

Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *